KEKUATAN KRITIK

By | Agustus 19, 2017 Leave a Comment

 





Kekuatan itu ada disini,

Kritik konstruktif adalah hal yang baik. Ini membantu Anda memperbaiki diri sendiri dan memperbaiki kemampuan Anda. Kritik destruktif, di sisi lain, tidak bermanfaat sama sekali karena  tujuannya bukan untuk kebaikan, dan pastinya akan menyakiti perasaan Anda.

Kritik destruktif - Apa yang harus Anda Lakukan?

Melihat dengan jelas; yang pasti paling utama, tanpa kejelasan semua akan berantakan dan tersesat.

Meskipun sangat sulit menerima kritik destruktif dan negatif, kita pasti akan selalu bertemu dengan hal seperti ini.
Jenis kritik ini biasanya didasari oleh suatu sifat angkuh dan egois yang merasa diri lebih unggul dari orang lain, tapi mungkin ada sedikit kebenaran yang akan tersingkap didalamnya.

Jangan tersinggung dan dimasukkan kedalam hati, kemungkinan, masalahnya bukan terletak pada Anda. Orang melakukan kritik pedas destruktif, mungkin karena merasa iri atau sirik, karena begitulah warna pendapat dari orang yang sirik.

Kritik destruktif cenderung menyerang kepada pribadi seseorang. Ketika pusat dari penghinaan atau komentar pedas adalah Anda (padahal bukan karena sesuatu yang Anda lakukan), itu adalah destruktif dan harus diabaikan. Diatas semuanya itu, tidak ada satu orang pun yang berhak untuk mendikte harga diri Anda!

Kritik konstruktif - Bagaimana meresponnya dengan tepat

Kritik konstruktif dimaksudkan untuk membantu Anda. Dengarkan dengan seksama apa yang dikatakan orang. Ketika pembicara selesai, abaikan hal yang bersifat pribadi dan biarkan mereka tahu bahwa Anda akan mempertimbangkannya dengan tindakan yang Anda akan lakukan.

Kritik konstruktif dapat berguna jika hal ini didasarkan pada kinerja atau perilaku. Kita tidak bisa selalu melihat perilaku diri sendiri dengan tepat, kadang orang lain akan lebih mampu dalam melihat sikap dan perilaku kita, sehingga mendengarkan sudut pandang orang lain dapat membantu.

Kritik konstruktif  biasanya berasal dari orang yang perduli dengan kita dan tulus. Jika orang yang memberikan kritik tidak peduli padamu, pastinya sang pengkritik tidak akan pernah melakukannya.

Jika Anda menerima kritik konstruktif  profesional dari atasan, Anda harus membuat catatan dan mengajukan pertanyaan. Jika atasan yang memberi Anda kritik konstruktif tentang kinerja Anda, maka; CATAT & PERHATIKAN
Atasan  mungkin berbicara berdasarkan  pengalaman dan pekerjaan mereka; untuk membantu Anda semakin meningkat dan unggul. Jika mereka (Atasan) meluangkan waktu dan hari mereka untuk memberikan wawasan mereka, itu berarti mereka (Atasan) menilai Anda sebagai orang yang dapat dipercaya serta dapat berbuat lebih baik, untuk itu – seharusnya anda mendengarkan.

Jenis Kritik Konstruktif

Ada beberapa ekspresi tertentu dan jenis kritik konstruktif yang akan Anda terima. Dari Ekspresi sang pengkritik anda bisa lihat, kemudian Anda akan menyadari bahwa orang itu berusaha untuk membantu Anda ketimbang menyerang Anda.
Dengarkan dengan baik jenis-jenis kritik yang mereka sampaikan, analisa apa yang dikatakan hingga Anda bisa percaya, dan kemudian bertindak sesuai saran mereka.

1. Kritik dengan pujian – Makan Siang. Seseorang memberikan pujian diikuti dengan saran untuk melakukan perbaikan dan akhirnya, menambah pujian lain.

* Ini mengisyaratkan kepada Anda bahwa orang  melihat hal-hal baik yang Anda lakukan dan berpikir, percaya Anda dapat meningkat lebih lagi.

2.Kritik Dorongan. Dalam hal ini jenis kritik konstruktif, orang itu berusaha untuk membantu Anda berbuat lebih baik pada sesuatu yang Anda sudah lakukan dengan cukup baik.

* Ini mengisyaratkan kepada Anda  bahwa orang itu tahu Anda berusaha keras dan bahkan mungkin ingin membantu membawa Anda ke tingkat berikutnya.

3. Terima kasih. Jika percakapan dimulai dengan berterima kasih atas pekerjaan yang dilakukan, Anda bisa yakin bahwa mereka menghargai usaha Anda.

* Orang ini biasanya ingin membantu Anda berbuat lebih baik karena memang mereka menyukai  Anda.

Ketika menanggapi kritik konstruktif, Anda harus memastikan untuk mengerti dan tau darimana orang tersebut berasal sebelum Anda mengatakan sesuatu. Anda sebaiknya meminta mereka untuk menjelaskan hal – hal yang dikatakan, jika Anda tidak sepenuhnya memahami apa yang mereka katakan.

Bila Anda menerima kritik konstruktif, harus menyadari apa yang dikatakan itu  jujur benar adanya dan objektif. Kritik konstruktif adalah untuk membangun menuju sebuah peningkatan.
Kecuali Anda melihat hal itu dari sudut pandang yang lain, hal itu akan sulit mengubah perilaku Anda untuk menjadi lebih baik.

Satu-satunya hal yang perlu Anda katakan ketika menerima kritik konstruktif  hanya; "Terima kasih."

Menanggapi kritik dengan tepat menunjukkan kedewasaan Anda dan kemauan untuk memperbaiki diri. Sembunyikan kebanggaan dan harga diri Anda, simpan itu dalam roh Anda, dan Anda jadi pemenang dan unggul.

Pada masa sekarang ini berbagai kritik yang timbul mungkin sangat sulit untuk ditangani. Semoga tulisan ini bisa membantu untuk mengatasi setiap kritik yang datang.
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: